Definisi Umum Industri dan Jenisnya

Definisi Umum Industri dan Jenisnya – Setelah mempelajari bahasan ini, kamu akan mengerti definisi umum industri dan jenisnya.

INDUSTRI

Apa peranan industri dalam sebuah negara? Bagaimana industri dikelompokkan? Berikut penjelasannya

Pengertian idustri adalah segala kegiatan yang dilakukan untuk mengolah bahan awal menjadi bahan jadi yang bisa dipergunakan oleh end user. Industri memberikan nilai tambah dari suatu material setelah melalui beberapa proses.

Dari industri dikenal beberapa klasifikasi barang menjadi :
1. Barang mentah, bahan pokok yang memerlukan proses pengolahan agar bermanfaat secara ekonomis
2. Barang setengah jadi, barang hasil industri yang belum siap pakai dan memerlukan proses lanjutan agar dapat bermanfaat secara penuh.
3. Barang jadi, barang hasil industri yang sifatnya siap pakai.

Tujuan kegiatan industri adalah sebagai berikut :
1. Menghasilkan barang konsumsi untuk kebutuhan masyarakat
2. Menyerap tenaga kerja
3. Menghasilkan pendapatan bagi masyarakat
4. Meningkatkan devisa pada negara

Di Indonesia, kegiatan di sektor industri mendapat perhatian lebih agar dapat menjadi sektor andalan. Artinya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri dan juga mampu bersaing dengan produk negara lain dan berorientasi ekspor.

Berdasarkan jumlah tenaga kerja yang diserapnya, industri diklasifikasikan menjadi :

a. Industri rumah tangga
Industri jenis ini memiliki ciri bermodal kecil dan dengan tenaga kerja terbatas. Industri jenis ini biasanya dilakukan secara turun temurun oleh pemiliknya dan sifatnya hanya sebagai pelengkap karenanya tidak membutuhkan pengelolaan secara profesional karena volume produk yang dihasilkan juga tidak banyak.

b. Industri kecil
Industri ini dilaksanakan oleh masyarakat dengan modal yang cukup dan alat – alat semi profesional. Jumlah tenaga kerja < 20 orang dengan volume produksi yang cukup banyak namun umumnya bersifat musiman.

c. Industri Sedang
Industri ini memiliki ciri – ciri modal dengan tenaga kerja cukup banyak dan sudah ada badan hukum yang menanunginya. Peralatan yang digunakan industri ini cukup modern dan dengan adanya pembagian kerja yang jelas. Baik pengusaha dan pekerja sudah menganggap industri yang mereka geluti sebagai mata penghasilan utama.

d. Industri Besar
Industri ini adalah jenis dengan modal yang besar, tata kerja yang teratur jelas berdasarkan keahliannya dan penggunaan peralatan modern. Industri jenis ini menyerap tenaga kerja dari lapisan tertentu dengan pendidikan dan keahlian yang sesuai corak industri tersebut. Produksi barang – barang yang dilakukan berlangsung 24 jam dengan pembagian waktu kerja.

Berdasarkan UU, keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI membagi industri berdasarkan nilai investasinya yaitu :
1. Industri Kecil, kelompok industri dengan nilai investasi perusahaan mencapai Rp. 200.000.000
2. Industri Menengah, kelompok industri dengan nilai investasi perusaaan kurang dari Rp. 1.000.000.000
3. Industri Besar, kelompok industri yang memiliki nilai investasi perusahaan lebih dari Rp. 1.000.000.000

Di negara maju dan berkembang, sektor industri menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan negara dan bahkan diarahkan untuk tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri namun juga mampu bersaing di pasar global. Karenanya,

Beberapa kebijakan diterapkan secara umum di Indonesia untuk mendukung bertumbuhnya sektor industri :

1. Percepatan pengurusan izin industri bagi pengusaha dan izin ketenaga kerjaan.
2. Insentif berupa kemudahan pengajuan pinjaman ke lembaga keuangan untuk sektor industri kecil dan sedang yang dapat menyerap tenaga kerja.

Namun dengan perkembangan industri yang tinggi juga harus diimbangi dengan beberapa upaya pelestarian terhadap lingkungan karena umumnya kegiatan industri akan menghasilkan limbah yang harus diperhatikan pembuangannya agar tidak mencemari lingkungan. Untuk itu, dalam pendirian sebuah industri skala besar diharuskan untuk memenuhi syarat AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) sebelum mengajukan permohonan izin.

RANGKUMAN

1) Industri adalah salah satu sektor kegiatan ekonomi dalam sebuah negara.
2) Kegiatan industri memberikan nilai tambah untuk suatu barang dan menyokong sektor lainnya untuk berkembang.

 

Definisi Umum Industri dan Jenisnya | Admin | 4.5